Header Ads

Cara Membersihkan Bagian Interior Mobil yang Tersembunyi

Cara Membersihkan Bagian Interior Mobil yang Tersembunyi

Cara Membersihkan Bagian Interior Mobil yang Tersembunyi
Bukan hanya bagian eksterior saja yang harus dibersihkan, bagian interior mobil juga perlu dibersihkan dalam melakukan perawatan terhadap mobil. Walaupun tempat cuci mobil sekarang ini sedang menjamur dan menjadi salah satu hal yang memudahkan, tetapi, beberapa titik di interior yang semestinya dibersihkan, biasanya sering kali terlewatkan.

Beberapa titik di interior mobil yang sering kali terlewatkan untuk dibersihkan tersebut biasanya lokasinya memang cukup tersembunyi. Nah, berikut ini ada beberapa tips bagaimana cara membersihkan bagian-bagian interior mobil yang tersembunyi.

1. Konsol di Door Trim
Lokasi ini merupakan yang paling sering dilupakan. Pada konsol ini biasanya tersimpan beragam brosur dan kertas. Bila bagian ini dibiarkan, maka akan memudahkan kotoran debu untuk menempel. Cara membersihkannya adalah cukup dengan menggunakan lap yang lembab saja. Gunakan obeng (berbentuk plat) yang dibalut dengan kain lembab untuk menjangkau sudut yang dalam.

2. Lokasi di Seputar Kaki Pengendara dan Penumpang Depan
Di lokasi ini juga harus mendapatkan perhatian. Jangan cuma terpaku pada kebersihan karpet saja. Cobalah untuk mengangkat sedikit karpet, biasanya kotoran yang berupa debu atau pasir bersemayam di balik karpet. Cara membersihkannya yaitu dengan memakai lap lembab atau sapu kecil.

3. Kolong Jok
Bagian mobil yang satu ini memang agak susah untuk dijangkau sehingga kerap kali dilupakan. Membersihkan bagian ini memerlukan pengorbanan meskipun terbilang mudah untuk dilakukan. Biasanya, di lokasi ini 'berkumpul' debu, perabotan anak-anak, dan remah makanan. Cara membersihkannya adalah cukup dengan memajukan jok hingga paling depan. Jika menggunakan karpet kain, maka dapat memakai sapu kecil. Tetapi, kalau menggunakan karpet vinyl, maka cukup lap lembab saja.

Untuk kendaraan yang mempunyai rel pada jok baris ke-dua, seperti Nissan Serena, harus memerhatikan seputar rel. Di lokasi ini, biasanya 'tersimpan' remah makanan. Bagian ini sering kali tidak tersedot oleh vacuum cleaner sebab lokasinya yang agak sempit. Sebagai gantinya, gunakan kuas, sikat kecil atau sapu untuk mengangkat kotoran tersebut.

4. Penjepit Karet atau Karpet
Bagian ini juga kerap kali menjadi sarang kotoran. Titiknya yaitu di seputar baut atau juga batas antara penjepit dengan karet atau karpet. Pasir sering kali ditemukan di sini karena posisinya yang kerap terinjak. Cara membersihkannya adalah cukup dengan menggunakan sapu saja.

No comments

Theme images by Sookhee Lee. Powered by Blogger.