Header Ads

Tips Berkendara Aman dari Tangan Jahil

Tips Berkendara Aman dari Tangan Jahil

Tas Uang
Kejahatan dapat terjadi bukan hanya karena niat dari pelakunya, tapi juga adanya kesempatan. Baik di tempat sepi maupun ramai, penjahat tetap nekat melakukannya. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa tips sederhana untuk menghindari tangan jahil ketika berkendara.

1. Pastikan Pintu Mobil dan Jendela dalam Keadaan Terkunci

Pastikan pintu mobil terkunci semua dan jendela dalam kondisi rapat sebelum meninggalkan mobil di tempat parkir. Jangan lupa, walaupun sudah dikunci, periksa kembali kendaraan Sobat.

2. Jangan Pernah Membuka Kaca Mobil Kecuali Laju Kendaraan Sobat Cukup Kencang

Sedapat mungkin hindari membuka kaca mobil. Pasalnya, kaca mobil yang terbuka sering mendorong orang yang berniat jahat untuk melakukan penodongan. Seandainya tertutup, belum tentu ia berani melakukannya.

3. Jangan Meninggalkan Barang Berharga Dalam Mobil Ketika Keluar atau Menaruh Barang Tersebut di Tempat yang Terlihat dari Luar Mobil

Hal ini harus diperhatikan terutama untuk orang-orang yang sering menaruh ponsel atau tas berisi uang di atas jok atau dashboard. Hal ini termasuk penggunaan ponsel ketika berkendara, terutama saat mobil berhenti di lampu merah. Selain bisa membahayakan pengendara lainnya (terutama ketika melaju), ponsel merupakan barang yang menarik bagi penodong untuk melancarkan aksinya.

4. Bawa Alat-alat Pengaman yang Dapat Dipakai Saat Kondisi Darurat

Benda-benda seperti kunci roda, tang, kunci inggris, tongkat baseball bisa bermanfaat untuk membela diri seandainya suatu ketika Sobat terpaksa harus mempertahankan diri dari penodong.

Selain itu, upayakan untuk menjaga jarak dengan kendaraan depan ketika berhenti di perempatan yang kerap rawan. Dengan demikian, saat dikepung oleh penjahat, Sobat tinggal tancap gas dan meninggalkan tempat tersebut. Jika dibuntuti orang, jangan pernah berhenti di tempat sepi sebab hal itu cuma akan membahayakan keselamatan Sobat sendiri.

No comments

Theme images by Sookhee Lee. Powered by Blogger.