Header Ads

Cara Mengatasi Lelah Ketika Berkendara Mobil

Cara Mengatasi Lelah Ketika Berkendara Mobil

Cara Mengatasi Lelah Ketika Berkendara Mobil
Rasa lelah dapat mendera pengendara mobil saat menghadapi perjalanan panjang atau kemacetan di jalan. Keadaan seperti ini bukan hanya berbahaya bagi diri sendiri, tetapi juga untuk penumpang, serta para pemakai jalan lainnya. Oleh karena itu, dibutuhkan trik atau cara supaya tubuh kita bisa menjadi lebih segar, paling tidak hingga tiba di rest area atau tempat lain yang dianggap nyaman dan aman untuk memulihkan kesegaran.

Pengendara mobil yang mengalami kelelahan biasanya akan kurang baik dalam hal menjaga fokus dan susah dalam menjaga agar kepala tetap tegak. Kondisi tersebut kerap kali membuat kendaraan melaju keluar dari jalur yang seharusnya dilalui.

Sobat dianjurkan untuk menepi dan beristirahat sebentar bila merasakan tubuh mulai lelah ketika berkendara. Namun, jika tidak ada tempat yang memungkinkan untuk berhenti lantaran jalan yang terlalu sempit atau merasa lingkungan tidak aman, maka ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk memulihkan kesegaran.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi rasa lelah ketika berkendara mobil.

1. Gunakan Bantal Kecil
Pakailah bantal kecil di headrest atau di belakang tulang leher supaya rasa lelah pada bagian ini dapat berkurang. Tetapi, bila tidak ada bantal, maka Sobat bisa menggantinya dengan menggunakan gulungan handuk yang dilingkarkan pada leher.

2. Mengatur Jarak Jok dengan Kemudi
Aturlah jarak jok dengan kemudi sedekat mungkin dengan tidak melupakan unsur kenyamanan. Posisi ini bisa membuat lutut pengemudi berada sedikit lebih  tinggi dari pinggul dan kaki juga tidak menggantung di ujung jok. Kaki yang menggantung dicemaskan menghambat aliran darah ke kaki. Di samping itu, posisi ini membuat pengemudi tidak perlu untuk menginjakkan kaki terlalu "dalam" ketika menginjak pedal rem atau kopling.

3. Gerakkan Bagian Tubuh
Gerakkan bagian tubuh seperti jemari kaki dan tangan, pinggul dan leher bila memungkinkan supaya peredaran darah dapat lancar kembali. Sobat bisa melakukan hal ini ketika kendaraan sedang berhenti di lampu lalu lintas atau saat terperangkap di kemacetan.

4. Menepi Sejenak untuk Peregangan
Kalau rasa lelah pada leher atau punggung sudah tidak tertahankan lagi, maka menepilah sebentar dan turun dari dalam mobil untuk melakukan peregangan, paling tidak dilakukan selama 5 menit. Hal lain yang dapat dilakukan adalah berjalan di sekitar mobil agar darah dapat kembali mengalir dengan lancar ke semua bagian badan.

No comments

Theme images by Sookhee Lee. Powered by Blogger.