Header Ads

Kelebihan Gas Nitrogen untuk Isi Angin Ban Kendaraan

Kelebihan Gas Nitrogen untuk Isi Angin Ban Kendaraan

Kelebihan Gas Nitrogen untuk Isi Angin Ban
Sang empunya kendaraan bermotor zaman sekarang memiliki pilihan ketika ingin mengisi angin ban, yakni gas nitrogen. Jasa pengisian gas nitrogen ini banyak tersebar di mana-mana. Di stasiun pengisian bahan bakar, sering dijumpai jasa pengisian gas nitrogen.

Nah, berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dapat diperoleh dengan memakai gas nitrogen untuk isi angin ban kendaraan.

Bantingan Suspensi atau Ban Terasa Lebih Empuk
Beberapa pengendara mobil atau pengemudi sepeda motor berpendapat bahwa bantingan suspensi atau ban ketika melintasi jalan rusak atau speed bump (alat pembatas kecepatan) terasa lebih empuk ketika menggunakan gas nitrogen. Mungkin saja pendapat ini ada benarnya sebab gas nitrogen dianggap dapat menjaga elastisitas ban sehingga karet ban terasa lebih lentur.

Tekanan Ban Lebih Stabil
Kandungan air dalam gas nitrogen adalah rendah sekali sehingga membuat tekanan ban relatif lebih stabil pada beragam keadaan temperatur. Di samping itu, gas nitrogen dapat menutup pori-pori ban dengan leibh baik. Karena hal itulah yang membuat gas nitrogen mulai dipertimbangkan dan terkenal dipakai untuk mengisi ban kendaraan bermotor walaupun harganya lebih mahal dibandingkan dengan angin biasa.

Ban Menjadi Lebih Awet
Kondisi ban juga menjadi lebih awet lantaran tekanan angin yang relatif lebih stabil dan tidak gampang memuai. Di samping itu, benjolan dan keretakan pada ban juga lebih dapat diantisipasi dengan tekanan angin yang lebih stabil.

Dengan ketiga alasan tersebut di atas, maka tidak heran jika sekarang ini semakin banyak saja pemakai kendaraan bermotor, terutama mobil yang mulai menggunakan gas nitrogen untuk mengisi ban. Ciri-ciri kendaraan bermotor yang menggunakan gas nitrogen umumnya ditandai dengan tutup pentil berwarna hijau terang.

Salah satu hal yang perlu dicermati oleh pengguna gas nitrogen adalah ketika ban kekurangan tekanan. Ketika ban yang berisi gas nitrogen kekurangan tekanan dan hendak menambah angin, pengemudi sebaiknya tetap memakai gas nitrogen supaya sifat-sifat dari gas tersebut tidak berkurang. Pasalnya, jika dicampur, maka angin dalam ban akan bercampur dan mengakibatkan nilai lebih gas nitrogen menjadi berkurang.

Nah, bagi Sobat yang bermaksud mengganti angin ban dengan gas nitrogen, sebaiknya mengosongkan terlebih dahulu isi ban, baru setelah itu diisi dengan gas nitrogen. Tujuannya adalah supaya hasil yang diperoleh dapat lebih maksimal nantinya.

No comments

Theme images by Sookhee Lee. Powered by Blogger.