Header Ads

Tips Merawat Mobil yang Jarang Dipakai

Tips Merawat Mobil yang Jarang Dipakai

Tips Merawat Mobil yang Jarang Dipakai
Jika Sobat mempunyai mobil pribadi, namun sering bepergian ke luar kota atau ke luar negeri karena ada tugas yang harus dijalankan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar saat pulang nanti kendaraan kesayangan tidak dalam keadaan yang terlantar.

Langkah awal yang harus dilakukan sebelum meninggalkan mobil adalah mencucinya. Setelah itu, Sobat bisa mengikuti tips-tips yang ada di bawah ini.

1. Bebaskan Posisi Rem Tangan

Jika kondisi rem tangan dibiarkan masuk dalam waktu yang terlalu lama, maka akan terjadi kelengketan antara minyak dengan piringan rem, khususnya bagi kendaraan yang mempunyai tromol di roda belakang.

2. Ganjal Wiper dengan Busa atau Kayu

Karet wiper akan mengeras secara perlahan-lahan dan tidak lentur lagi jika bersentuhan dengan kaca mobil. Hal ini mengakibatkan karet terasa kasar ketika dipakai untuk membasuh kaca depan mobil nantinya.

3. Upayakan Keempat Ban Mobil dalam Keadaan Terangkat Tidak Menempel Lantai

Caranya adalah dengan memakai dongkrak dan stand-jack. Hal ini bertujuan agar suspensi mobil terjaga dan tidak terbebani oleh berat kendaraan.

4. Lepaskan Aki Mobil Jika Ditinggal Lebih Dari Dua Minggu

Aki mobil merupakan komponen yang sensitif sekali. Jika kendaraan tidak dinyalakan sama sekali dalam waktu dua minggu atau lebih, maka hal tersebut akan berpengaruh ke akinya, yang dapat lebih cepat rusak bila dibandingkan dengan kendaraan yang digunakan setiap hari.

5. Ganjal Keempat Ban dengan Balok Jika Tempat Parkir Miring

Caranya adalah dengan mengganjal keempat ban dengan balok atau benda keras lainnya agar mobil tidak berubah posisi.

6. Letakkan Pengharum Mobil

Gunanya pengharum mobil adalah untuk menetralkan bau apek yang mungkin muncul karena ruang dalam mobil tertutup dalam waktu yang lama.

7. Tutup Mobil dengan Cover

Mobil yang dibiarkan dalam kondisi terbuka akan memudahkan partikel-partikel debu masuk ke dalam mobil melalui celah-celah yang ada. Nah, untuk menghindari hal tersebut, gunakan penutup mobil yang biasa dijual di toko-toko aksesoris mobil.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat mobil yang jarang dipakai. Semoga bermanfaat.

No comments

Theme images by Sookhee Lee. Powered by Blogger.