Header Ads

Tips Mencegah Overheat pada Mesin Mobil

Tips Mencegah Overheat pada Mesin Mobil

Tips Cegah Overheat Mesin Mobil
Keadaan suhu mesin yang tinggi dibutuhkan dalam rangka membuat mesin mobil bekerja dengan optimal. Namun, temperatur mesin yang tinggi ini memerlukan batasan. Pasalnya, jika terlalu tinggi atau overheat, maka hal ini berarti ada masalah dalam mesin harus diberikan penanganan dengan segera. Tujuannya adalah untuk menghindari munculnya kerusakan yang serius.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya overheat di antaranya adalah kondisi air radiator yang berkurang akibat kebocoran, kotoran yang menyumbat, atau karena kelalaian dalam memeriksa jumlah air pada komponen tersebut secara rutin. Selain itu, motor kipas yang telah mati atau keadaan water pump yang sudah tidak layak pakai dapat pula menjadi biang kerok dari gangguan tersebut.

Nah, berikut ini ada beberapa langkah atau tips untuk mencegah terjadinya overheat pada mobil.

1. Mengganti Fanbelt
Fanbelt yang nampak kering, getas, atau retak perlu diganti. Langkah yang satu ini dilakukan terutama pada fanbelt yang berhubungan dengan sistem pendingin seperti yang berkaitan dengan water pump dan kipas pendingin.

2. Amati Sarang Radiator
Jika dijumpai ada kotoran, debu, atau batu kecil yang menempel, lekas bersihkan, dapat dibantu dengan air compressor. Disarankan juga untuk melihat jarak sarang radiator dengan kipas supaya tidak saling berbenturan. Bila dibutuhkan, luruskan alur kisi radiator dengan mata obeng secara perlahan supaya aliran udara dapat keluar dengan lancar. Langkah ini dilakukan secara perlahan dan hati-hati.

3. Periksa Saluran Pendingin
Langkah lainnya adalah memeriksa semua saluran pendingin dan pastikan saluran terpasang dengan baik (pemakaian lem khusus dapat digunakan untuk lebih meyakinkan kekencangan saluran). Bila ada kebocoran, lebih baik lekas ganti dengna yang baru ketimbang menambal, kecuali sifatnya sementara.

4. Pakai Air Bersih
Pastikan untuk pengisian radiator memakai air yang bersih sehingga komponen ini terhindar dari kotoran yang lama-kelamaan akan menumpuk dan memunculkan kerak dalam sistem pendingin dan akhirnya akan menyumbat.

5. Gunakan Radiator Coolant
Dianjurkan untuk memakai radiator coolant untuk hasil pendinginan yang lebih maksimal. Cairan ini juga berguna untuk mencegah timbulnya karat dalam radiator.

Harapan setelah melakukan langkah-langkah di atas adalah agar mesin mobil dapat bekerja secara optimal dengan suhu yang ideal sehingga mobil tidak mengalami overheat yang bisa mengganggu perjalanan Sobat.

No comments

Theme images by Sookhee Lee. Powered by Blogger.