Header Ads

Periksa Tekanan dan Ketebalan Ban

Periksa Tekanan dan Ketebalan Ban

Periksa Tekanan dan Ketebalan Ban
Mengetahui tekanan angin pada ban merupakan salah satu hal yang penting dalam berkendara. Hal yang kelihatannya sepele seperti ini jangan dilupakan atau dilewatkan begitu saja.

Sebenarnya, ada banyak manfaat yang diperoleh bila ban dalam kondisi sesuai anjuran pabrikan. Misalnya saja, kendaraan lebih mudah dikendalikan, lebih aman, dan hemat bahan bakar minyak (BBM).

Kondisi ban yang tekanan anginnya sesuai ketentuan, lebih nyaman dan irit BBM. Oleh karena itu, sebaiknya ban diperiksa tekanannya menggunakan tire preasure gauge minimal seminggu sekali.

Perangkat kecil tersebut banyak dijual di mana-mana dan dapat diselipkan di bagian mobil sehingga dapat digunakan setiap saat. Harganya hanya dalam kisaran Rp 10.000. Alat ini tidak habis atau rusak dalam bertahun-tahun karena memang sederhana sekali.

Selain masalah tekanan ban, sebaiknya cek juga kondisi ketebalan ban yang dapat dilihat pada trade wear indicator berupa gambar segitiga di samping (dinding) dan tonjolan pada telapak ban.

Bila kembangan ban telah rata dengan tonjolan atau sudah menyentuh pada gambar segitiga di samping ban, sebaiknya dilakukan penggantian ban.

Demikian informasi atau tips tentang pemeriksaan tekanan ban dan ketebalan. Semoga bermanfaat.

No comments

Theme images by Sookhee Lee. Powered by Blogger.