Header Ads

Cara Mengatasi Power Window yang Macet

Cara Mengatasi Power Window yang Macet

Power Window pada Mobil
Sumber gambar: www.merdeka.com

Power window yang bermasalah atau macet biasanya disebabkan oleh adanya hubungan arus pendek listrik atau korsleting. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan jika mengalami power window yang bermasalah.

Power window merupakan alat untuk menggerakkan kaca jendela mobil supaya membuka dan menutup atau naik-turun secara otomatis. Bila kaca mobil tersebut mengalami ketersendatan ketika dibuka dan ditutup atau tidak dapat menutup dengan sempurna, maka bersihkanlah karet kaca dengan pelumas khusus.

Cara membersihkannya yaitu semprotkan pelumas khusus tersebut pada jalur karet. Cara ini bisa membantu membersihkan kotoran dan memperbaiki kondisi karet jendela mobil. Bagian karet yang mengeras dapat membuat kaca tersendat ketika dibuka atau ditutup. Oleh karena itu, bila kondisinya sudah tidak baik, maka gantillah karet lis kacanya.

Karet perlu diganti bila kaca mobil masih macet setelah diberikan pelumas. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya Anda jangan menaikturunkan kaca dengan tangan. Mengapa demikian? Karena hal ini dapat menyebabkan motor penggerak menjadi panas dan menimbulkan arus pendek.

Perlakuan pemaksaan tersebut dapat juga menyebabkan pegangan kaca bergeser dan semakin macet karena posisinya yang tidak tepat. Terlebih lagi bila terdengar bunyi berderit saat kaca mobil digerakkan, sebaiknya Anda segera memeriksakan kondisi ini di bengkel terdekat.

Bila kaca mobil tetap tidak dapat dibuka atau ditutup, hal mungkin terjadi karena kawat berkarat dan menjadi putus. Karat dapat muncul karena tumpukan debu pada bagian kawat dan rembesan air ketika mobil dicuci atau kehujanan. Sebaiknya Anda mulai memerhatikan bagian ini walaupun terlihat sepele. Berikan pelumas pada kawat pengungkit kira-kira enam bulan sekali.

Selain itu, faktor umur juga dapat memengaruhi kondisi power window. Hal ini dapat membuat proses membuka dan menutup kaca mobil menjadi lebih lama. Seringnya membuka dan menutup kaca mobil juga dapat berpengaruh. Oleh sebab itu, jaga kebersihan lis kaca dengan baik dan bersihkan tiap kali kaca kotor atau terkena air hujan.

No comments

Theme images by Sookhee Lee. Powered by Blogger.